Singkong, Betulkah Bisa Lawan Virus Corona?

Entah dari mana sumbernya, belakangan tersebar info melalui whatsapp soal singkong bakar untuk lawan virus. Info itu menyebar di berbagai grup WA, bahkan kemudian di facebook dan twiter.

Bagaimana bunyi info tersebut?

"Dulu saat ada vaksinasi massal ke anak anak usia dini sampai SLTA, kita dapat dawuh dari ulama khos agar mengkonsumsi ketela kayu/ singkong dengan cara dibakar dengan kulitnya," demikian info tersebut.

Ditambahkan, singkong yang yang dimaksud, yang paling bagus adalah yang usianya maksimal 40 hari. 

Disebutkan juga, singkong itu dikupas dan diambil kulitnya, kemudian dikeringkan dengan cara dioven dengan suhu tidak lebih dari 40 derajat. Selesai itu, kemudian digiling atau dihaluskan seperti bubuk kopi.

Umbinya bisa juga diparut dikeringkan dengan oven dibuat semacam pil kemudian dimakan untuk obat, juga bisa langsung dikukus untuk dikonsumsi.
Kulit ketelanya yang sudah dibersihkan dan dikupas lalu dioven kemudian digiling.

"Itulah yang kita gunakan untuk obat membunuh / melawan virus. Insyaa Allah bi idznillah mujarab. Semoga bermanfaat bagi kita semua," demikian pesan tersebut. 

Benarkah? Bisa dipertanggungjawabkah secara keilmuan? Entahlah. Namun demikian, bisa juga tips itu dicoba. Toh, singkong mudah dicari, dan murah!***

By redaksi mangku

Post a Comment

0 Comments